Cara untuk Menghadapi Kritikan di Kantor

Kegagalan merupakan kebarhasilan yang tertunda. Ketika Anda dikritik oleh atasan atau rekan kerja senior  di tempat kerja, karena Anda melakukan kesalahan, Ada baiknya bila Anda merasa lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik, Anda jangan sampai merasa  tersinggung saat dikritik oleh bos atau rekan kerja senior di kantor.

Cobalah anda menerima semua keritikan dengan lapang dada, dengan demikian Anda bisa menjadi lebih. Untuk menghadapi kritikan di tempat kerja, simaklah tips –tips dari Case of Life berikut ini, seperti yang lansir oleh Bold Sky.

1. Kritikan Tidak Selalu Negatif

Kritikan yang kita terima tidak selalu bersifat negatif. Oleh kaena itu, sebaiknya Anda menganalisa kritik yang Anda dapatkan dengan menghubungkan ke situasi yang ada. Kadang-kadang, suatu kritikan bisa membuat Anda lebih semangat bekerja untuk membuktikan kepada atasan bahwa Anda memiliki kemampuan dengan hasil pekerjaan Anda yang memuaskan.

2. Jangan Tersinggung

Jagalah emosi Anda, jangan sampai emosi Anda meledak ketika menerima keritikan. Cobalah Anda memawas diri, di manakah letak kesalahan anda, kemudian cari cara untuk memperbaiki kesalahan Anda. Cara terbaik yang harus dilakukan ketika anda dikeritik oleh atasan ataupun oleh rekan kerja Anda di tempat kerja adalah  jangan sampai terpengaruh. Semakin memikirkannya, semakin pula Anda akan terpengaruh. Jika Anda terlalu memikirkannya, itu bisa semakin menurunkan kualitas kerja Anda. Jadi ketika menerima kritikan di kantor, terimalah dengan lapang dada.

3. Tersenyum


Senyuman merupakan salah satu cara yang bisa mencairkan suasana hati yang sedang suram. Ketika bos atau rekan kerja senior mengkritik Anda di kantor, cobalah untuk tersenyum dan kendalikan kesabaran Anda. Ingat kehilangan kesabaran hanya akan mempersuram keadaan.

4. Tetap Bersikap Sopan

Terimalah kritikan yang Anda terima dengan sikap positif. Bukan tidak mungkin kritikan dari bos atau rekan kerja dapat membantu Anda menjadi lebih bersemangat dalam bekerja. Jadi walaupun Anda menerima keritik yang sangat pedas, Anda harus tetap bersikap sopan.