Cara Mudah Mengobati Deabetes

Satu lagi penyakit yang bisa menyarang karena gaya hidup salah ( lifestyle ). Badan Kesehatan Dunia menjelaskan bahwa Diabetes merupakan penyakit mematikan ketiga setelah penyakit jantung dan kanker. Mayoritas penderita diabetes sering mengalami gangguan hormon insulin, hal ini terjadi karena organ pankreas dalam tubuh  tidak berfungsi dengan baik. Rendahnya hormon insulin pada tubuh bisa menyebabkan tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah. Bila pola makan anda kurang sehat maka kadar gula dalam darah bisa dengan cepat meningkat.
Seperti yang telah kita ketahui, sebagian besar makanan yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang tinggi sehingga sangat rentan untuk terkena penyakit diabetes. Jika organ pankreas penghasil hormon insulin tidak berfungsi dengan baik. Peyakit diabetes
akan semakin parah jika penderita diabetes tersebut sudah mengalami komplikasi penyakit seperti serangan jantung, kebutaan, dan gagal ginjal.
Jika kadar gula dalam darah bisa kkurangi secara signifikan bahkan  standard normal maka komplikasi penyakit-penyakit di atas juga bisa dicegah. Salah satu pengobatan penyakit diabetes secara medis bisa dilakukan dengan pemberian suntikan insulin secara rutin untuk mengontrol kadar gula dalam darah.
Tentu pengobatan medis ini akan sangat memerlukan dana yang sangat banyak untuk supply insulin yang nantinya akan disuntikan ke dalam tubuh. Akan sangat memprihatinkan jika penderita penyakit diabetes adalah mereka yang notabene adalah orang yang kurang mampu secara ekonomi. Jalan satu-satunya adalah pasrah terhadap penyakit yang mematikan ini.
Namun sebenarnya ada banyak cara mengobati diabetes dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit diabetes. Dengan biaya yang ekonomis bahkan anda bisa menanam obat-obat alami tersebut di pekarangan rumah kita. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa diajadikan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit diabetes.
Brotowali (Tinaspora Crispa)

Brotowali merupakan salah satu jenis obat herbal yang untuk menyembuhkan penyakit
diabetes. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata tanaman brotowali memiliki senyawa tinokrisposid aktif yang berkhasiat untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Keluarnya glukosa yang terdapat dalam makanan pada proses metabolisme ini menandakan bahwa telah terjadi peningkatan metabolisme tubuh. Dari hasil penelitian di Thailand, beberapa pasien diabetes yang diberi ramuan traditional brotowali secara rutin mereka mampu menurunkan kadar gula secara drastis.
Bagian tanaman ini yang paling berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah ada pada bagian  batang dan akar. Cara membuat ramuannya pun sangatlah mudah. Rebus batang dan akar tanaman Brotowali dengan air kemudian air rebusan tanaman brotowali tersebut diminum secara rutin setiap hari. Tanaman herbal sangat aman untuk dikonsumsi secara rutin karena tidak mengandung racun.
Pare (Momordica Charantia)

Siapa yang tidak kenal dengan dengan sayuran yang satu ini? hampir masyarakat Indonesia mengenal pare  yang memiliki rasa pahit. Bentuk pare yang lonjong dan permukaan yang tidak rata ini terkadang membuat sebagian besar orang yang melihatnya kuran begitu berselera. Mungkin bukan hanya karena bentuknya yang demikian yang membuat Pare kurang disukai tetapi juga karena rasanya yang pahit.
Akan tetapi siapa yang menduga bahwa pare mempunyai khasiat yang sangat mujarab  untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Karena manfaatnya yang besar inilah sekarang tanaman pare sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia, Amerika Selatan, dan afrika.
Tanaman pare mengandung zat steroid saponin yang sangat familiar dengan zat rantin dan peptide yang mempunyai senyawa mirip dengan hormon insulin. Senyawa yang menyerupai senyawa hormon insulin ini aktif dalam meningkatkan regeneresai sel, berkontribusi besar dalam menyimnpan glikogen dalam hati, dan merangsang sekresi hormon insulin dalam pankreas.
Dengan memperbanyak mengkonsumsi pare dapat meningkatkan kinerja pankreas dalam menghasilkan hormon insulin  secara otomatis akan menormalkan kadar gula dalam darah. Penurunan kadar gula pada darah merupakan  kabar baik bagi pasien penderita diabetes tipe 2.
Munkin  para  pembaca sudah  penasaran bagiaman cara mengkonsumsi pare agar lebih berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes?
Caranya mudah kokO_o. Hnacurkan pare hingga seperti jus kemudian minumlah jus pare tersebut. BTW kita hanya perlu mengkonsumsi jus pare dalam jumlah yang sedikit saja. Setengah gelas belimbing juga sudah cukup.  WARNING...╰_╯ Jangan terlalu banyak mengkonsumsi jus pare dalam porsi yang banyak karena akan menyebabkan sakit perut dan diare.
Gymnema Syvestre

Gymnema Syvestre merupakan tanaman yang mirip dengan tanaman sirih. Biasanya Gymnema Syvestre tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia terutama di hutan tropis. Bila kita amati, ada sedikit perbedaan anatomi tubuh tanaman ini bila kita bandingkan
dengan tanaman sirih.
Tanaman Gymnema Syvestre memiliki bentuk daun yang berbentuk elip dengan bunga berwarna kuning yang berbentuk lonceng. Daun dan akarnya mengandung zat aktif gymnemic yang berfungsi untuk menurunkan dan menormalkan kadar gula dalam darah. Bentuk molekulnya mirip dengan molekul glukosa yang dapat diserap langsung oleh sel-sel usus, sehingga dapat mencegah penyerapan kembali moleku-molekul glukosa yang melewati lapisan usus. Tak  hanya menjadi pengganti molekul glukosa yang terdapat dalam makanan, Gymnema Syvestre juga  membantu organ pankreas untuk menghasilkan hormon insulin, sobat.... sehingga kadar gula dalam darah
bisa  terkontrol.
Dengan mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal di atas, penyakit diabetes akan sembuh dengan sempurna. Selain rutin mengkonsumsi obat-obat herbal tersebut, alternative cara mengobati diabetes adalah dengan menjaga pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga